Berikut ini akan dibahas mengenai Hutang Produktif dan Non Produktif
Hutang Produktif dan Non Produktif

Hutang Produktif dan Non Produktif

Hutang Produktif dan Non Produktif
Banyak orang yang ada di Indonesia, selalu mengandalkan hutang dalam segala kegiatan yang mereka lakukan. Bahkan terkadang hutang yang mereka miliki jauh lebih besar daripada yang sanggup mereka bayar. *Lalu pertanyaannya, sebenarnya apakah boleh kita berhutang?*
Hutang pada dasarnya baik, kalau digunakan dengan cara yang maksimal. Pada dasarnya hutang ada 2 bentuk, yaitu hutang produktif dan non produktif.
*hutang produktif* adalah hutang yang digunakan untuk kegiatan, yang mana bisa mendapatkan return lebih tinggi daripada bunga hutang yang ditanggung. Seperti hutang KPR, hutang kredit investasi untuk usaha, dsbnya.
*hutang tidak produktif* adalah hutang yang digunakan untuk membeli kebutuhan personal kita atau life style kita. Seperti hutang kredit kendaraan, hutang cicilan kartu kredit, dsbnya.
Lah pertanyaannya, apakah ada *hutang tidak produktif bisa berubah menjadi hutang produktif*?
Jawabannya *ADA*!!!
hutang tidak produktif dapat digunakan menjadi produktif, asalkan anda tau cara pengelolahannya.
Sebagai contoh, apabila ternyata anda memiliki uang dibank senilai mobil yang ingin anda beli, tapi karena ternyata bunga KKB rendah sekali, hanya sekitar 5-6% setahun, saran saya malah jangan beli kendaraan secara tunai, malah baiknya secara kredit. Karena ternyata banyak sekali *produk investasi* yang bunganya melebihi dari bunga 5-6% setahun. Contohnya bunga dari *asuransi dwi guna* bisa sampai 9,75% setahun, bunga dari *REPO/MTN* bisa sampai 10-15% setahun, dsbnya…
Cara lainnya, anda juga bisa mengatur kredit investasi anda yang mana bunganya mencapai 11-12% setahun, dirubah dengan menggunakan cara refinancing dengan jaminan rumah atau tanah. Barusan ada salah satu bank yang menerbitkan produk refinancing dengan bunga 7% setahun, yang mana sangat jauh lebih murah dari pada bunga kredit investasi.
Banyak jalan menuju roma, tentunya juga banyak jalan untuk dapat memanfaat hutang menjadi sangat produktif bagi anda! Tinggal cari tau bagaimana caranya 🙂
Selamat pagi dan salam sukses!
Sumber berita :

Sekian artikel mengenai Hutang Produktif VS Non Produktif ini kami bahas. Apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai artikel ini ataupun permasalah bisnis anda yang lain, bisa hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

Created by : Dedy Sidarta (CEO of D’Consulting Business Consultant)

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?