By. Dedy Sidarta

Tahun 2015 merupakan tahun dibukanya era AEC (Asean Economic Community), dimana inti dari AEC ini adalah dibukanya pasar secara luas atas arus ekspor impor barang dan jasa ataupun arus investasi antar negara ASEAN. Tentunya dengan diberikan kemudahan bertransaksi antar negara di Asia Tenggara akan menimbulkan peluang ataupun tantangan bagi pengusaha yang ada di Indonesia. Pada era ini tentunya para pengusaha yang ada di Indonesia harus menyiapkan berbagai macam strategi untuk menghadapi masuknya investasi dan saingan dari pihak perusahaan luar negeri yang mungkin dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, kualitas produk yang lebih baik dan dengan harga yang lebih kompetitif.

Namun apakah pengusaha di Indonesia sudah siap untuk menghadapi persoalan ini? Hasil survey cukup mengagetkan, karena ternyata sebagian besar pengusaha yang ada di Indonesia masih menjalankan bisnis dengan cara yang cukup tradisional. Pengusaha-pengusaha yang ada di Indonesia hanya berusaha untuk menghadapi pasar secara lokal dan belum berpikiran untuk mengembangkan usaha untuk pasar luar negeri. Seringpun ketika menjalankan bisnis mereka, aspek laporan keuangan tidak terlalu diperhatikan ataupun malah tidak ada sekali pelaporan keuangan yang dilakukan oleh para pengusaha tersebut.

Di era AEC ini tentunya pengusaha harus memperhatikan kreatifitas dalam menjalankan bisnis dan tentunya aspek rapor dari operasional perusahaan yang dapat dicerminkan dalam laporan keuangan perusahaan harus betul-betul diperhatikan. Pelaporan keuangan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, ada perusahaan yang menggunakan pembukuan dengan cara menulis melalui buku tulis besar dan secara manual menghitung laporan keuangan yang ada. Ada pula yang menggunakan microsoft excel dan merekap seluruh hasil kegiatan operasional perusahaan, lalu dari hasil rekap tersebut diterbitkanlah laporan keuangan. Namun dari kedua cara yang dilakukan tadi biasanya laporan keuangan akan terbit dengan waktu yang cukup lama. Biasanya untuk laporan keuangan bulan berjalan akan terbit minimal 1-2 bulan berikutnya. Hal ini yang akhirnya membuat perusahaan kehilangan informasi real atas keadaan perusahaan yang sebenarnya sehingga membuat para pengusaha terlambat dalam pengambilan keputusan.

Lalu apa yang harus dilakukan? Tentunya pengusaha harus mencari cara bagaimana agar dapat mendapatkan pelaporan real terhadap rapor dari operasional perusahaan. Salah satunya dengan menggunakan software akuntansi.

Lalu apa sih software akuntansi itu? Disini software akuntansi merupakan suatu perangkat lunak dimana perangkat ini dapat membantu pengusaha untuk mencatat seluruh kegiatan operasional yang terjadi didalam perusahaan dan menghasilkan suatu laporan keuangan secara real time. Biasanya pengusaha yang belum terbuka terhadap pembukuan modern, selalu bertanya, “Apa sih yang saya dapatkan apabila saya menggunakan software akuntansi?”. Inilah hal yang memang perlu diketahui oleh pengusaha sebelum menggunakan software akuntansi dan mendapatkan manfaat darinya. Berikut manfaat dasar yang akan didapatkan ketika menggunakan software akuntansi : – Laporan keuangan real time (meliputi laporan keuangan laba rugi dan neraca) – Laporan posisi persediaan pergudang dan real time (baik secara nilai maupun kuantitas) – Laporan persediaan pada posisi minimum – Laporan posisi hutang jatuh tempo – Laporan pembelian per periode – Laporan posisi piutang jatuh tempo – Laporan penjualan harian, minggun, bulanan maupun tahunan – Laporan biaya-biaya yang terjadi selama periode tertentu – dan sebagainya

Tentunya dengan manfaat yang didapat dari penggunaan software akuntansi akan memudahkan pengusaha dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan strategi bisnis yang mereka ambil. Contohnya dari laporan laba rugi sudah dapat kita ketahui nilai penjualan pada periode berjalan dan biaya yang dikeluarkan. Tentunya dari laporan ini pengusaha dapat segera melakukan koordinasi dengan pihak marketing, apabila penjualan jauh lebih rendah dari target yang telah ditetapkan. Serta dari segi biaya, apabila terlalu tinggi dari yang semestinya, pengusaha bisa melakukan penekanan biaya dari pihak finance, dan sebagainya.

Lalu bagaimana dapat memilih software akuntansi yang baik? Software akuntansi sekarang yang ditawarkan sangat bermacam-macam, mulai dari software akuntansi yang sangat simple, sampai yang hanya dapat menghasilkan laporan keuangan ataupun yang terintegrasi sampai masing-masing departemen operasional. Beberapa hal yang harus diketahui pada saat memilih software akuntansi :

  • Pastikan software tersebut memiliki developer software yang terpercaya dan selalu melakukan update terhadap software akuntansi yang dimilikinya. Terutama apabila terjadi error didalam software tersebut.
  • Pastikan software tersebut memiliki support centre yang dapat diAndalkan ketika Anda ingin menanyakan segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan software.
  • Pastikan software tersebut memiliki manual book untuk mempermudah mempelajari penggunaan software tersebut.
  • Pastikan bahwa laporan buku besar didalam program akuntansi tersebut sesuai dan balance.
  • Pastikan bahwa software tersebut memiliki implementor untuk membantu perusahaan Anda mengadaptasi penggunaan software dan bisnis proses yang sudah Anda jalankan.

Lalu kenapa harus memakai implementor pada saat menggunakan software akuntansi? Untuk mempelajari software akuntansi tidak harus menggunakan implementor atau dengan kata lain dapat Anda pelajari sendiri. Namun akan jauh lebih cepat apabila Anda menggunakan jasa implementor software akuntansi karena dapat membantu serta dapat memberikan arahan sehingga Anda dapat dengan mudah memahami software akuntansi tersebut dan mengadaptasikan penggunaan software akuntasi tersebut dengan bisnis proses yang berjalan diperusahaan. Terkadang apabila bisnis proses yang sudah berjalan kurang sesuai, maka disini tugas implementor juga membantu mengarahkan agar bisnis proses dapat sedikit dievaluasi dan dirubah sesuai dengan bisnis ideal.

Sekilas tentang penulis : Ded yDedy Sidarta Pendiri dan CEO dari D’Consutling Business Consultant Memiliki pengalaman konsultasi lebih dari 17.000 jam di 22 kota di Indonesia dalam melakukan konsultasi, training, mentoring dibanyak perusahaan dari berbagai macam industri seperti manufaktur emas, manufaktur besi, manufaktur paving beton, manufaktur concrete, manufaktur kayu, manufaktur kursi, manufaktur bahan kimia, manufaktur obat, forwarding, EMKL, perusahaan pelayaran, kontraktor, trucking, retail franchise, restaurant, cafe, distributor sparepart, rental alat berat, jasa pengangkutan darat, manufaktur chip electronic, distributor unilever, distributor tepung bogasari, distributor resmi ac denso, distributor resmi telkomsel, distributor alat-alat kantor dan mesin ATM, manufaktur keramik, SPBU, pabrik beras, pabrik cengkeh, peternakan, percetakan, perikanan, gereja dan masih banyak lagi. Dosen tamu di Universitas Pelita Harapan Surabaya Expert in optimization System Operational Procedure and Financing Accounting Procedure, Accounting, Auditing and Taxing Certified ERP Consultant dari Orlansoft ERP Data System Accurate Software Implementation Spesialist Sertikasi Konsultan Pajak dari Ikatan Konsultan Pajak Indonesia Berpengalaman berbicara didepan lebih dari 500 orang Memiliki semangat yang luar biasa untuk membantu para pengusaha agar bisnisnya dapat bertumbuh dan dapat menghasilkan laba yang signifikan

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?