Kali ini kami Konsultan Sistem Probolinggo ingin membahas perihal bagaimana cara membuat SOP yang baik pada perusahaan anda.

Konsultan Sistem Probolinggo

Konsultan Sistem Probolinggo

Konsultan Sistem Probolinggo

Mengapa penting sekali membuat SOP didalam suatu perusahaan? Kalau kita analogikan SOP layaknya sebuah jalur, atau kalau dikatakan sebuah perusahaan adalah kereta api, maka SOP ini layaknya sebuah rel kreta apinya. Dapatkah sebuah kereta api berjalan tanpa adanya relnya? Tentunya bisa… TAPI… kereta api tersebut akan berjalan tanpa adanya arah yang jelas dan kemungkinan besar akan menabrak kanan kiri serta apapun yang menghalanginya. Layaknya kereta api yang berjalan benar, maka tentunya relnya harus juga ada dan mengarah kearah yang benar.

Menurut kami Konsultan Sistem Probolinggo, SOP dibuat sebaiknya sebelum perusahaan mulai beroperasi. SOP yang ada terkait mulai ada struktur organisasi yang benar dalam suatu perusahaan, dari struktur yang ada tersebut akan didetailkan kembali untuk tugas dan tanggungjawab dari masing-masing departemen, yang boleh dikatakan sebagai Job Description. Setelah dibuat struktur dan jobdes yang benar, maka hendaknya alur dari setiap lini transaksi dibuat lebih lanjut, mulai dari transaksi pembelian, transaksi manufaktur, transaksi penjualan, transaksi pengeluaran dan penerimaan barang, transaksi hutang dan piutang, transaksi pengeluaran dan penerimaan uang, serta transaksi-transaksi lain yang diperlukan.

Dalam membuat SOP ini perusahaan dapat membuat sendiri dengan mendirikan departemen khusus yang menghandle proyek SOP tersebut, atau bila perusahaan ingin lebih mendapatkan arahan yang jelas, jauh lebih pasti menggunakan jasa konsultan SOP. Namun hal yang sangat perlu diperhatikan saat melakukan implementasi SOP adalah pastikan bahwa pemahaman dan visi dari dilakukan proyek SOP ini antara pimpinan perusahaan, jajaran manajemen dan konsultan harus sama. Dalam perjalanan implementasi SOP tak layaknya akan banyak sekali terjadi perdebatan antara tiap divisi, dikarenakan setiap divisi memiliki kepentingan yang berbeda. Jadi tugas dari konsultan adalah memberikan arahan dan menjadi penengah antara berbagai divisi ini. Namun hendaknya pimpinan perusahaan juga mendukung langkah-langkah yang dilakukan oleh pihak konsultan tersebut. Karena apabila pimpinan tidak mendukung langkah-langkah yang dilakukan, maka sering kali implementasi sistem yang sudah berjalan setengah, akan gagal dikarenak intervensi dari pimpinan yang seringnya tidak sesuai dengan arah yang benar. Apabila hal itu terjadi, maka sayang sekali inventasi yang sudah dilakukan, akan percuma. Jadi perlu diingat dalam melakukan implementasi SOP yang baik, hendaknya seluruh jajaran manajemen puncak dan pihak konsultan memiliki visi dan misi yang sama, agar pencapaian target dari implementasi tersebut dapat berjalan dengan maksimal.

Apabila bapak ibu ada yang kurang jelas, mengenai artikel kami dan ingin bertanya lebih lanjut, silakan hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

©2018 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?