Kali ini kami Konsultan Bisnis Depok ingin mengsharingkan beda PT dengan CV secara hukum.

Konsultan Bisnis Depok

Konsultan Bisnis Depok

Konsultan Bisnis Depok

Pada dasarnya PT atau CV memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai badan usaha yang menaungi 2 orang atau lebih untuk saling bekerjasama dalam keterikatan usaha yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Namun ternyata apabila kita lebih perdalam lagi, CV bukan merupakan badan hukum melainkan hanya badan usaha saja, sedangkan PT memiliki legalitas secara hukum dan tentunya juga merupakan badan usaha.

Menurut pandangan kami Konsultan Bisnis Depok apabila didasarkan pada ranah hukum PT pastinya akan memiliki suatu kompetensi yang lebih tinggi. Mengapa begitu? Karena pada dasarnya PT terdiri atas pembagian saham yang jelas antara masing-masing pemiliknya sedangkan CV tidak. Tentunya hal itu lebih dapat berdampak pada pembagian hasil dari profit yang jelas ketika memiliki badan usaha PT. Hal ini juga akan berpengaruh juga apabila PT menginginkan memperbesar lingkup usaha, atau bahkan untuk dilistingkan didalam bursa efek, akan lebih mudah. Sedangkan CV tidak seperti itu, dan tidak akan bisa dilistingkan dibursa efek.

Untuk hal pengalihan resiko, PT juga lebih bagus dari pada CV, hal ini dikarenakan PT memiliki peraturan yang mana apabila PT tersebut mengalami resiko kebangkrutan, harta yang akan disita oleh bank ataupun pajak, hanyalah bersumber dari harta PT saja, tapi lain dengan CV yang mana bisa terkena sampai dengan harta pemiliknya. Hal inilah yang membuat PT lebih layak didirikan dari CV apabila dinilai dari segi hukum. Sekian artikel kami, semoga dapat memberikan pencerahan kepada para pembaca. Apabila ada yang ingin dikonsultasikan kepada kami, berkaitan dengan bisnis silakan hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?