Pada kesempatan kali ini kami KONSULTAN BISNIS JAKARTA akan membahas artikel tentang 5 Hal Yang Dibutuhkan Agar Berhasil Dalam Memulai Usaha 

5 Hal Yang Dibutuhkan Agar Berhasil Dalam Memulai Usaha 

Siapapun bisa memulai usaha. Namun memulai usaha yang berhasil dan terus berkembang tidaklah mudah. Jika Anda akan memulai usaha yang memiliki kekuatan bertahan, ada lima sumber yang harus Anda miliki .Untuk memulai usaha baru hingga mencapai kesuksesan, Anda harus :

  1. Memiliki Komitmen Penuh

Pengusaha sukses adalah orang-orang yang memiliki komitmen penuh pada usahanya. Anda harus siap meletakkan hati dan jiwa Anda pada apa yang Anda kerjakaan. Anda harus benar-benar percaya dengan produk atau jasa Anda, dan bersiap bekerja dengan waktu yang lama untuk meyakinkan orang lain agar percaya dengan produk Anda. Anda juga harus siap melepaskan liburan, dan bahkan kebutuhan seperti gaji. Dan Anda melakukan semua ini tanpa adanya rasa aman seperti yang dirasakan pegawai yang menerima gaji,  tunjangan dan pensiun.

  1. Menjadi “Tipe D”

Orang memiliki komitmen pada dirinya sendiri untuk semua hal. Hanya dengan memiliki komitmen tidak berarti otomatis mencapai kesuksesan bisnis.  Jika Anda ingin mencapai tujuan kemana Anda pergi dan memiliki usaha yang bisa bertahan, Anda harus menjadi orang dengan “Tipe D” ; seseorang yang memiliki desire (hasrat) disertai drive (dorongan), dengan discipline (disiplin) yang kuat serta determination (keteguhan hati). Tidak cukup hanya memiliki ide bisnis, tapi Anda juga harus mampu melaksanakannya.  Pengetahuan adalah sumber lain yang Anda butuhkan  sebelum memulai usaha.

  1. Mendapatkan Pengetahuan Bisnis yang Anda Butuhkan

Banyak orang yang mencoba memulai usaha tanpa merasa perlu mendapatkan pengetahuan bisnis yang dikerjakan agar usaha mereka berhasil – tapi justru bisnis mereka gagal. Untuk memulai usaha, Anda harus memiliki pengetahuan terhadap aspek bisnis yang berbeda-beda dan memiliki ketrampilan yang berbeda, atau setidaknya telah melakukan riset untuk mendapatkan dan menyewa orang yang memiliki ketrampilan yang tidak Anda punyai. Jika Anda tidak terlalu memahami akuntansi , misalnya , maka Anda perlu mempekerjakan tenaga pembukuan dan/atau akuntan.  Jika bisnis Anda berbasis Internet, akan lebih bijak jika Anda menggunakan jasa web site desaigner dan menangani segala sesuatunya, kecuali Anda memiliki keahlian dalam mengembangkan site.

Saat Anda menciptakan business plan, salah satu langkah yang dibutuhkan adalah penilaian yang jujur atas keterampilan dan keahlian Anda. Aspek bisnis mana yang Anda kuasai dan bisa ditangani, dan aspek mana yang masih perlu Anda pelajari lebih jauh atau memerlukan bantuan ? Pengetahuan bisnis sebelum memulai usaha adalah hal yang sangat penting. Seluruh dukungan dan keteguhan tidak banyak membantu jika Anda tidak memiliki pengetahuan untuk menjalankan bisnis agar berhasil dan tidak melakukan riset serta merencanakannya dengan baik.

  1. Mendapatkan Modal Usaha

Menemukan modal untuk usaha yang sesuai sangatlah penting karena tidak adanya jaminan bahwa usaha Anda akan berjalan dengan mulus, dan tentu saja tidak ada jaminan bahwa usaha baru Anda akan menghasilkan pemasukan yang cukup untuk Anda dan kehidupan keluarga. Anda tidak bisa memulai tanpa adanya modal awal, jumlah modal yang diperlukan untuk membuka pintu usaha, dan membuatnya tetap terbuka sampai mendapatkan pemasukan yang cukup bisa diandalkan. Anda juga akan membutuhkan modal operasional untuk memulai usaha, sejumlah dana yang membuat bisnis Anda berjalan. Modal operasional termasuk biaya-biaya seperti gaji, upah, sewa, suplai, perawatan, periklanan, depresiasi, dan pembayaran bunga. Penasehat usaha kecil menyarankan bahwa biaya awal setidaknya mencakup modal operasional setidaknya selama enam bulan.

Aset pribadi, seperti tabungan, dana pensiun, properti, kartu kredit, adalah sumber modal awal usaha yang paling sering digunakan oleh usaha kecil. Hal ini dikarenakan orang yang baru memulai usaha tidak memiliki alternatif; jika Anda tidak memiliki rekaman pinjaman yang bisa diandalkan, maka mendapatkan pinjaman untuk usaha kecil menjadi sulit.

  1. Sistem Pendukung yang Baik.

Bukanlah hal yang kebetulan jika kebanyakan pengusaha sukses adalah mereka yang sudah menikah, saat kita lebih suka “mempersiapkannya sendiri” dan “menjalankannya sediri”, Anda tidak bisa memulai dan menjalankan usaha kecil tanpa adanya dukungan dari orang lain. Dan adakah orang lain yang bisa memberikan dukungan, mendengarkan gagasan atau masalah Anda dengan lebih baik selain pasangan

Saya selalu menemukan jika para pengusaha bersedia berbagi pengetahuan dengan orang lain;jika Anda tidak bisa menemukannya, ada jaringan komunitas bisnis secara online dimana Anda bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan, dan terkadang masukan yang baik. Anda juga bisa memposting pertanyaan dan komentar.

Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya dan salam Artikel.  Apabila ada yang ingin dikonsultasikan mengenai artikel ini ataupun permasalah bisnis anda yang lain, bisa hubungi kami di 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

Created By : Rofiq  (D’Consulting Business Consultant)

 

©2020 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?