Pada kali ini, artikel akan mengangkat topik mengenai perbedaan Sales dan Marketing

Sales dan Marketing

Sales dan Marketing

Sales dan Marketing

Banyak yang berpikir kalau sales dan marketing itu sama, namun sebenarnya divisi ini sangatlah berbeda. Perbedaan antara sales dan marketing terlihat dari cara kerja kedua divisi ini. Berikut beberapa aspek pembeda kedua divisi ini :

  • Proses dan tujuan penjualan : sales hanya fokus menjual untuk meningkatkan penjualan, sedangkan marketing merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan dan mendistribusikan produk yang bertujuan untuk memuaskan konsumen.
  • Brand image : sales tidak menjaga brand image, marketing selalu menjaga brand image
  • Strategi penjualan : marketing menerapkan konsep 4P atau 7P (biasa disebut bauran pemasaran atau marketing mix), sales hanya menerapkan satu konsep dari marketing mix, yaitu promotion (promosi).
  • Fungsi : Bila tim sales adalah tim pelaksana, maka tim marketing adalah tim penyusun strategi pemasaran
  • Hubungan dengan pelanggan : sales hanya sampai proses jual beli, sedangkan marketing menjaga hubungan baik dengan pelanggan dimulai dari sebelum transaksi, sampai  setelah transaksi untuk menjaga loyalitas konsumen.

Seorang sales memerlukan strategi marketing yang mampu memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen. Peranan seorang sales dan marketing sangat penting bagi perusahaan agar berhasil menembus dan bertahan dalam persaingan pasar yang makin ketat.

Sekian informasi dari kami dan dapat bermanfaat bagi para pembaca. Apabila ada yang kurang jelas dari artikel atau ada yang ingin dikonsultasikan, silahkan menghubungi di 031 – 734 6576 / 087 777 510 668 / 0821 3100 8700

Created by : Retno Widowati Destiana (CRO of D’Consulting Business Consultant)

©2020 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?