Konsultan SOP Surabaya kali ini ingin membahas Standard Operating Procedure (SOP) yang harus ada didalam perusahaan distribusi.

Konsultan SOP Surabaya

Konsultan SOP Surabaya

Konsultan SOP Surabaya

kali ini kita akan membahas SOP yang harus ada diperusahaan distribusi. SOP yang harus ada adalah SOP Pembelian, SOP Manajemen Persediaan, SOP Penjualan, SOP Pengeluaran Biaya, SOP Pendapatan Lain, SOP kas kecil, SOP Penggajian. Pada artikel kali ini kita akan membahas terlebih dulu apa itu SOP Pembelian.

SOP Pembelian berawal dari proses permintaan barang yang dilakukan oleh bagian Gudang. Bagian Gudang membuat Form Purchase Request (PR) untuk dan dikirimkan ke bagian Pembelian untuk diproses. Setelah bagian Purchasing menerima dokumen PR, maka akan menghubungi supplier dan membuat dokumen Purchase Order (PO). Dokumen PO dikirimkan kesupplier dan barang akan dikirimkan. Ketika menerima barang bagian Gudang harus mengecek kesesuaian barang dan dokumen, serta membuat Laporan Penerimaan Barang (LPB).

LPB dan dokumen yang lain diberikan kebagian keuangan untuk dapat dicatat didalam hutang. Setelah waktu pembayaran maka bagian Finance akan cek jatuh tempo dan melakukan pembayaran.

saran dari Konsultan SOP Surabaya dalam proses pembelian ini, sebaiknya untuk bagian Pembelian, Gudang dan Keuangan dalam proses ini adalah orang yang berbeda. Hal ini bertujuan agar proses kontrol dapat terjadi secara maksimal.

Sampai bertemu di pembahasan selanjutnya.  Apabila Anda mempunyai masalah pada sistem opereasional prosedur (SOP) di perusahaan Anda silahkan pelajari AKAR MASALAH, SOLUSI dan STRATEGI pada tombol dibawah ini 

©2021 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?