Kali ini kami Konsultan SOP Makassar ingin membahas bagaimana cara membuat SOP yang baik untuk proses penjualan.

Konsultan SOP Makassar

Konsultan SOP Makassar

Konsultan SOP Makassar

Transaksi penjualan selalu diawali dengan adanya proses penawaran harga dan barang kepada customer, yang sering juga disebut sebagai sales quotation. Setelah sales quotation ada, maka bagian marketing akan membuat Sales Order (SO) sebagai dasar pemesanan barang kepada bagian gudang barang jadi untuk menyiapkan barang. Lalu bagian Gudang barang jadi akan mengecek stok barang jadi yang ada apakah sesuai dengan order dari bagian marketing tadi? Apabila barang sudah ada, maka bagian gudang akan mempersiapkan pengiriman barang dan membuat dokumen Delivery Order (DO). Sebelum melakukan proses pengiriman biasanya bagian gudang akan menginformasikan terlebih dulu kepada finance agar dibuatkan Sales Invoice (SI) diletakkan didalam amplop tertutup untuk nantinya diberikan kepada customer. Lalu setelah itu proses pengiriman barang dan tagihan dilakukan.

Menurut kami Konsultan SOP Makassar, untuk proses penagihan sebaiknya jangan terlalu jauh dari pada tanggal pengiriman barang. Lebih cepat lebih baik, mengapa? Karena proses penagihan piutang tersebut sangatlah penting untuk menjaga cash flow dari perusahaan supaya tetap berada diarea positif dan akhirnya perusahaan tidak perlu untuk melakukan hutang dengan pihak ketiga, yang mana juga akan mendapatkan bunga.

Sekian penjelasan dari kami, semoga membantu pembaca untuk dapat memahami standar kerja untuk proses penjualan. Apabila ada yang kurang jelas dari pada penjelasan kami, silakan hubungi 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?