Kali ini kami Konsultan Sistem Solo ingin membahas mengenai bagaimana membuat flow produksi yang baik diperusahaan manufaktur beras.

Konsultan Sistem Solo

Konsultan Sistem Solo

Konsultan Sistem Solo

Pada dasarnya membuat flow produksi adalah hal yang cukup simple, namun rumit atau tidaknya tergantung dari pada seberapa kompleks tingkat suatu industri tertentu. Seperti contoh disuatu perusahaan manufaktur beras tentunya ketika akan melakukan produksi, hal yang paling tepat adalah membuat perhitungan terlebih dulu untuk formula yang ideal dalam membuat beras merk tertentu. Berapa kadar dari pada bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat suatu merk beras harus dihitung terlebih dulu.

Menurut kami Konsultan Sistem Solo, pada dasarnya untuk membuat suatu sistem produksi dimulai dengan adanya formula produk yang jelas dari suatu barang. Setelah ada formula produk tersebut, maka bagian PPIC akan membuat sebuah SPK (Surat Perintah Kerja) untuk didelegasikan kepada bagian produksi, yang mana menunjukkan detail dari barang jadi apa yang harus dibuat, bahan baku apa yang dipakai, jumlah bahan baku dan barang jadi yang akan dibuat dan tentunya kapan harapan selesai dari SPK tersebut.

Setelah SPK didistribusikan kepada bagian produksi, maka bagian produksi akan meminta bahan baku dan bahan pembantu kepada bagian gudang, dan tentunya setelah bagian gudang mengeluarkan barang, bagian gudang akan membuat Surat Pengeluaran Bahan / Material Release yang mana akan ditandantangani oleh penerima dan menjadi bukti otentik bahwa barang sudah benar-benar diambil oleh bagian produksi. Setelah itu terjadilah proses produksi yang cukup panjang, dan tentunya proses produksi tersebut akan berakhir. Pada saat berakhirnya proses produksi tersebut, maka bagian produksi akan membuat Laporan Hasil Produksi, dan itulah yang akan menjadi dasar barang masuk didalam gudang barang jadi.

Seperti itulah pembuatan dasar dari proses manufaktur, yang mana penerapannya akan berbeda-beda untuk setiap industri. Sekian artikel ini kami buat, apabila ada yang ingin dikonsultasikan kepada kami silakan hubungi 087 777 510 668 / 0821 3232 8778 / 031 734 6576.

©2019 D'Consulting Business Consultant - Total Solution for Your Business Growth

Log in with your credentials

Forgot your details?